Ayana Resort dan Spa Bali


Merayakan liburan sekolah, sangat spesial jika digelar di P Bali. Beragam jenis wisata dari budaya, panorama alam hingga gaya hidup tersaji, salah satunya adalah keindahan dan eksotiknya pantai-pantai di pulau seribu pura ini.

Bali memiliki panorama pantai yang dikenal hingga mancanegara yaitu pantai  Kuta. Pasir putih dan panorama sunset menjadi daya tarik pantai ini. Namun, pantai indah di Bali bukan hanya Kuta, melainkan ada beragam pantai yang memiliki keindahan sangat eksotik.

Nama Ayana dalam bahasa Sansekerta artinya adalah tempat berlibur, dan terletak di tebing batu kapur hingga 30 meter di atas Samudera Hindia dekat pantai Jimbaran Bali di selatan – barat semenanjung. Sebelumnya dikenal sebagai The Ritz – Carlton, Bali Resort and Spa, Sofitel, pada tanggal 1 April, 2009 berganti bernama Ayana Resort & Spa Bali. Ayana Resort & Spa sekarang ini di bawah pengelolaan Hotel Group berbasis barat, dipimpin oleh Horst Shulze, yaitu seorang anggota pendiri dan mantan presiden direktur The Ritz – Carlton Hotel Company. Di Ayana Bali Resort dan Spa ada seperti program budaya, dimana kita akan diajak oleh staff asli Bali untuk mengenal berberapa jenis budaya Bali. Disamping itu bagi anak-anak usia empat sampai sepuluh tahun bisa mengikuti program berupa petualangan  yang tak bisa mereka lupakan.

Dengan luas 77 hektar, properti megah ini dilengkapi dengan pemandangan yang indah dan lokasi yang terpencil, tenang, dekat dengan pantai pasir putih, menjadikan tempat ini sebagai tempat tujuan yang istimewa. Oh ya … dengan hanya waktu kurang lebih 15 menit dari bandara Internasional Ngurah Rai Bali kita akan sampai di tempat ini.

Dengan perancangan arsitektur, terinspirasi oleh Tri Hirta Kirana, yang mencerminkan keseimbangan hubungan antara Tuhan, manusia dan alam. Resor kelas dunia ini di desain apik dengan arsitektur bergaya eropa dan etnik Bali yang furniturnya dilengkapi dengan barang antik dan artefak dari pulau-pulau lain di Indonesia  seperti Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, Maluku, dan Papua.

Di Bali selatan, terdapat beberapa lokasi pantai yang masih jarang dikungjungi oleh wisatawan mancanegara dan domestik. Pantai yang menyajikan rasa berbeda dibandingkan dengan pantai Kuta adalah pantai Kisik, Jimbaran. Di pantai ini terhampar bongkahan karang besar serta kecil yang berjajar di sepanjang garis pantainya. Salah satu, bongkahan karang yang menjadi daya tarik utamanya adalah The Rock Bar.

The Rock Bar yang terletak di Ayana Resort and Spa Bali adalah sebuah bar terbuka tanpa atap, bertengger di atas samudera yang menonjol di dasar tepian tebing. Ketika tengah menikmati cocktail terasa berada di atas kapal yang belayar ke tengah samudera.

Meskipun berada di bagian belakang hotel, setiap orang, baik wisatawan domestik dan mancanegara bisa dengan bebas menikmati The Rock Bar.

Dilihat dari posisinya yang berdiri di atas tebing, The Rock Bar merupakan suatu yang bisa diakses menggunakan sebuah inclinator. The Rock bar dibuka untuk umum sejak pukul 17.00 wita hingga dini hari pukul 01.00 wita. Jika tidak ingin melewatkan panorama sunset, bisa datang lebih awal untuk menghindari antrean panjang karena pengunjungnya akan membludak. The Rock Bar mulai dikenal oleh wisatawan domestik dan mancanegara.

Public Relation Ayana Resort and Spa, Marian Hinchliffe menjelaskan, meskipun bar ini berada di lokasi hotel, setiap orang bisa berkunjung seperti menikmati keindahan alam di pantai lainnya di Bali. 80 persen pengunjungnya adalah orang luar yang tidak menginap di hotel. Untuk menikmati suasana pantai dihiasi batu karang serta panorama matahari tenggelam dengan suasana berbeda cukup hanya dengan memesan koktil dan makanan ringan. Pengunjung hanya cukup memesan minuman dan makanan untuk bisa duduk santai menikmati sunset.

Suasana yang lebih dramatis akan terasa pada malam hari. Lampu akan menerangi pantai dengan cahaya yang sangat terang sehingga terasa duduk di atas dek kapal. Duduk di The Rock Bar dapat menikmati pemandangan tanpa halangan seluas 360-derajat. Lokasi bar di atas bebatuan, menghadirkan pemandangan sunset Bali yang terkenal dari suatu tempat yang indah dan tak terlupakan. The Rock Bar adalah satu-satunya venue yang menjadi salah satu tujuan wajib dikunjungi di Bali. Setelah matahari tenggelam, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menyantap ikan bakar di Jimbaran yang lokasinya bisa ditempuh sekitar lima menit.

Menikah di Bali menjadi pilihan para tamu dari luar negeri mau pun orang orang dari luar bali  termasuk para selebritis dari Jakarta. Bali menyedikan banyak pilihan tempat  untuk upacara pernikahan  baik di chapel , villa ataupun hotel. Di Ayana ada beberapa chapel – chapel, salah satu chapel yang terkenal adalah Tresna Chapel.

Kata Tresna merupakan bahasa Bali yang artinya sayang yang mendalam kepada pasangan, suami, istri dan keluarga. Dengan dipakainya nama Tresna Chapel itu menunjukan dan mengharapkan siapapun yang menikah di Tresna Chapel di harapkan memperkuat cinta dan kasih sayang mereka baik antara suami istri maupun keluarga baik keluarga mempelai wanita dan keluarga mempelai laki laki.

Tresna chapel sendiri mempunyai letak yang sangat bagus tepatnya di Hotel Ayana Jimbaran dan lokasinya di pinggir tebing, pemandangan laut yang indah dan juga sunset atau matahari terbenam. Sebelah Tresna Chapel terdapat Candra Surya dimana bisa mengadakan resepsi pernikahan di ruang terbuka. Jika anda melihat ke bawah dan turun melalui lift disana anda bisa menikmati berbagai macam minuman yang anda suka namanya ROCK BAR, suatu bar yang letaknya diatas bongkahan Batu. Tempatnya hang out bersama teman anda. Di sebelah rock bar juga terdapat Kisik Restaurant , restaurant yang tempatnya benar benar tersembunyi sangat cocok untuk party yang sifatnya private. Dafa Restaurant juga salah satu fasilitas yang ada di Ayana dimana anda juga bisa makan malam atau resepsi pernikahan untuk jumlah yang kecil. Di Dafa ada ruangan ber AC yang bisa untuk dinner keluarga . Selain itu bagi pasangan pengantin yang mau ambil photo–photo sekitar tresna atau ayana anda bisanya menyewa kereta kuda atau horse carriage, seru banget deh. Dengan kebunyang indah di Ayana bisa menghasilkan photo yang luar biasa .jadi jangan ragu untuk menikah di Bali dan pilih tempat menikah di Tresna Chapel. Tresna Chapel sangat laris tapi jangan kawatir ada pilihan atau alternative pilihlah Astina. Bedanya Cuma view saja , kalau dari Astina tak bisa melihat full sunset tapi view Denpasar Airport. Bagi anda yang ingin menikah diruang terbuka bisa memilih tempat di Bale Kencana atau Asmara. Bali Shuka memberikan banyak pilihan tempat menikah di Bali. Untuk harga yang bagus anda bisa menghubungi Bali wedding organizer atau Bali wedding planner dijamin dapat harga lebih bagus … he he he pingin nikah lagi rasanya.