LOGOS dan RHÊMA (ρημα)


Roma 10:17Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” Sering kita dapati kata “Firman” dalam alkitab/bible lalu apa arti sebenarnya dari kata ini? Didalam bahasa Yunani kata “Firman” mempunyai dua pengertian yaitu logos dan rhema.

Pengertian logos disini adalah logic/logika/sebatas pada pengetahuan saja (pikiran) sedangkan yang dimaksud dengan rhema adalah suatu pengertian yang menjadi hidup/pewahyuan yang membuat mata hati kita terbuka/pengalaman dari apa yang kita dengar/baca dalam alkitab yang menjadi kekuatan dalam hidup kita (spiritual strength through our connection with GOD for our jouney).

Rasul Paulus menekankan dalam kitabnya bahwa iman yang seharusnya diperoleh atau dimiliki adalah dari firman yang menjadi hidup (rhema/iman rhema) dan tidak hanya sebatas pengertian/ pikiran (logos) saja. (Tuhan bisa berbicara kepada kita dengan berbagai cara bahkan hanya dengan satu ayat saja DIA mampu membuat mata hati kita terbuka dan hal ini menjadi rhema).

Mintalah kepada Tuhan agar setiap kita membaca firmanNYA dan kita bisa memeperoleh/ mendapatkan rhema dan tidak hanya sebatas logos. Ibrani 11:1Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.”

Ibrani 11:30-40 (baca dan renungkan), ayat-ayat yang tertera dalam pasal ini menerangkan dua dampak daripada iman orang percaya yaitu:

Pada ayat-ayat di 30-35a dikatakan bahwa ada iman yang mengalahkan masalah/pergumulan yang akan membawa kepada kemenangan/ keberhasilan namun pada ayat-ayat di 35b-39 bahwa ada iman yang mereka nyakini ternyata iman yang sustain/sulit dipahami/susah dimengerti karena meskipun sebagai orang yang beriman namun mengalami masalah/ siksaan/ penderitaan/ tekanan ditengah-tengah dunia ini tetapi luar biasanya disini adalah mereka tidak menyerah (tetap beriman), hal ini dikarenakan mereka mengerti bahwa kehidupan mereka yang sesungguhnya adalah bukan didunia ini dan mahkota abadi sedang menanti mereka saat mereka kembali kerumah BAPA.

Mengikuti Tuhan sebenarnya tidak hanya sekedar memperoleh/memiliki berkat-berkatNYA saja tetapi juga kita mengalami penderitaan, kalau bukan karena iman rhema pasti kita tidak akan mampu menghadapi perkara-perkara diluar akal pikiran kita (kita dapat bersukacita bahkan ditengah masalah).

Iman lebih mengutamakan hal-hal yang rohani karena pada dasarnya iman bersifat kekal/eternal jadi jangan cepat menyerah untuk masalah-masalah yang sedang kita gumuli meski terlihat mustahil.

Alami rhema firmanNYA sehingga menjadi iman rhema karena iman ini akan membawa kita mengatasi masalah-masalah sehingga kita tidak mundur dari Tuhan. Ingatlah mahkota abadi sudah menanti kita.

Doakan untuk semua orang yang berhubungan darah dengan kita terlebih mereka yang belum mengenal arti keselamatan sesungguhnya. Jangan pernah menyerah tetap tekun/beriman pada janji-janjiNYA.

Tuhan Yesus memberkati.

Study kata ‘rhêma’, silahkan klik http://www.sarapanpagi.org/rhema-vt171.html#354